IPCC Optimis Target 2022 Bisa Dicapai

Hadir dalam acara talkshow Unboxing Emiten, IPCC targetkan menjadi perusahan berkelas international dalam hal pelayanan terminal angkutan kendaraan.

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) optimis target kinerja keuangan tahun 2022, dapat diraih pada akhir tahun nanti. Hal ini didukung  mulai dioperasikannya jasa terminal satelit kendaraan di beberapa pelabuhan di luar Pulau Jawa, milik induk usaha Pelindo. Seperti diketahui sejak Oktober tahun lalu, beberapa Pelabuhan milik Pelindo sudah digabungkan ke dalam Holding Pelindo. Langkah ini kian memberikan ruang bisnis yang besar bagi IPPC untuk menjadikan Pelabuhan satelit terminal kendaraan yang terkoneksi dengan beberapa Pelabuhan yang ada di beberapa Pulau besar di Indonesia.

Menurut Rio TN Lasse, Direktur Utama IPCC Terminal Kendaraan,  saat talkhsow di acara Unboxing Emiten CSA Awards pekan lalu, tahun ini IPCC telah mengoperasikan terminal satelit di Pelabuhan Belawan, Medan di Sumatera, Pelabuhan Makassar di Sulawesi dan Pelabuhan Pontianak di Kalimantan. “Kami akan terus berekspansi jajaki Kerjasama Terminal Satelit Terminal Kendaraan di sejumlah Pelabuhan Pelindo,” ungkapnya.

Seiring membaiknya perekonomian dan semakin bertumbuhnya industri otomotif, fungsi pelabuhan sebagai gerbang utama logistik, khususnya terminal kendaraan memasuki suatu daerah sangatlah penting. Baik itu untuk kendaraan yang masuk dari luar negeri seperti kendaraan CBU, kendaraan alat-alat pertambangan dan lainnya, maupun kendraan yang akan dikirim dari Jakarta ke berbagai daerah di Indonesia.

Seperti kita ketahui, semua pengiriman kendaraan dari satu pulau ke pulau lain menggunakan jalur laut, yang berarti membutuhkan fasilitas terminal kendaraan di setiap Pelabuhan. Karenanya, bisnis IPCC sebagai bagian dari rantai pasok kendaraan dari produsen ke konsumen di berbagai daerah menjadi strategis. “Kami yakin, IPCC sebagai operator terminal kendaraan memiliki prospek cukup baik, seiring kemajuan industri otomatif dan perekonomian negara,” tambah Sumarno, Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia IPCC Terminal Kendaraan.

Sebagai gambaran cerahnya potensi bisnis terminal kendaraan di masa mendatang, pada semester awal 2022, IPCC berhasil membukukan pendapatan Rp 302,34 miliar, naik 29,60% dari perolehan Juni 2021 senilai Rp233,28 miliar. Menurut Sumarno, kenaikan pendapatan ini membuat laba perseroan melonjak tajam hingga 206,19% menjadi senilai Rp 45,42 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp 14,83 miliar. Dengan kondisi yang baik itu, IPCC mampu mencatatkan nilai operating margin 26,80% di atas perolehan periode yang sama di tahun lalu sebesar 15,95% dengan net income margin sebesar 15,02% atau lebih tinggi dari tahun lalu dengan perolehan nilai sebesar   6,36%. “Dengan perolehan di semester pertama ini, kami yakin target-target kinerja keuangan tahun 2022 dapat kami lampaui, kelak,” ujar Sumarno.

Fondasi keuangan yang bertumbuh dan kuat ini, sebahagian besar disumbangkan dari terminal satelit kendaraan di berbagai Pelabuhan di luar Jawa. Tercatat dalam semester pertama tahun 2022 ini saja; lebih dari 60 ribu unit kendaraan mobil CBU berbagai macam merek dan berbagai macam model telah dikirim melalui pelabuhan IPCC Tanjung Priok ke Terminal-terminal Satelit terutama ke Pelabuhan Belawan, Pontianak, dan Makassar. Juga lebih dari 22 ribu unit Truk dan Bus; lebih dari 2 ribu unit Alat Berat; dan lebih dari 70 ribu unit sepeda motor ke sejumlah Terminal Satelit yang  telah dioperasikan IPCC Terminal Kendaraan tersebut.

Rio TN Lasse menyatakan, untuk menjaga dan mengawal fundamental Perseroan agar dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik dan semakin baik ke depannya, perusahaan akan lebih fokuskan kepada penyediaan terminal satelit untuk kendaraan. Mimpi besar kami, tambah Rio, dapat menjadikan IPPC perusahaan penyedia jasa terminal kendaraan terbaik di dunia, “Dengann tagline kami, IPCC, Beyond The Gate, kami berhaap dapat mewujudkan sebuah mimpi besar yaitu To be World Class Car Terminal Ecosystem,” tambah Rio.

Untuk mencapai mimpi itu, manajemen IPCC telah melakukan berbagai pendekatan kepada produsen otomotif. Tidak saja, merek kendaraan otomotif penumpang mulai dari Toyota, Honda, Hyundai, Suzuki, tapi juga semua merk kendaraan termasuk kendaraan alat-alat berat. “Kita juga mendekati berbagai perusahaan pertambangan untuk menawarkan layanan pengiriman dan pengangkutan kendaraan pertambangan,” ungkapnya.

Haryajid Ramelan yang menjadi host dalam talkhsow Unoboxing Emiten, meyakini dengan kekuatan fundamental keuangan dan potensi bisanis yang besar, saham IPPC akan menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi harga saham saat ini massih jauh di bawah harga saham saat IPO. “Fundamental keuangan bagus, bisnis bagus dan ada potensi sahamnya menjadi incaran investor,” tutur Haryajid yang juga dikenal sebagai analis senior, saat dimintakan tanggapan atas kinerja keuangan IPPC.

Unboxing Emiten sendiri merupakan bagian dari rentetan acara CSA Awarsd yang dilaksanakan oleh Asosiasi Analies Efek indoneia (AAEI) bekerjasama dengan Komunitas CSA (para analis saham). Acara penyerahan awards akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2022.  Dalam acara unboxing, emiiten diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi, misi dan kinerjanya kepada investor melalui acara talkshow dalam bentuk podcast yang juga disebarkan melalui youtube CSA Awards.

Ketua Pelaksana CSA Award, Haryajid Ramelan

Jangan lupa untuk menyaksikan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di youtube channel csa_awards.

Untuk informasi dapat hubungi: Melissa (0812-8714-1597),

=================================================================================

Unboxing Emiten adalah salah satu bagian dari rangkaian kegiatan CSA Awards 2022 dalam memperingati hari pasar modal dan bulan literasi keuangan pada Oktober mendatang. Kegiatan ini digagas oleh Asosiasi Analis Efek Indonesia dan CSA Community dan berlangsug sejak Juni hingga Desember 2022. Unboxing Emiten akan menghadirkan sekitar 20-30 emiten yang akan menyampaikan perkembangan dan prospek bisnis perseron kepada seluruh stakeholder pasar modal, terutama kepada investor pemula. Jangan lupa untuk cek jadwal unboxing emiten disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed