KEEN Targetkan Bangun 3 Pembangkit EBT Hasilkan Produksi Listrik 263 MW

PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) berencana membangun 3 pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk setahun ke depan. Saat ini perseroan baru memiliki sebanyak 6 EBT terdiri dari 4 EBT yang sudah berjalan dan 2 EBT sedang konstruksi. “Di luar dari yang 6, kami berencana membangun 3 lagi EBT,” ungkap Wilson Maknawi, Deputy CEO KEEN dalam Program Unboxing Emiten Selasa, 30 Agutsus 2022 yang ditayangkan melalui zoom dan youtube CSA_Awards.

Sejak menjadi perusahaan publik tahun 2019, perseroan terus melakukan ekspansi bisnis dengan membangun pembangkit EBT. Hingga kini dari 6 EBT yang dimiliki berhasil menghasilkan daya listrik sebesar 65 Megawatt (Mw). Dan produksi daya listrik perseroan, sesuai kontrak kerja selama 20 tahun akan diserap PLN.

Giat Widjaja, Direktur KEE menambahkan, dengan adanya penambahan 3 EBT yang akan dibangun dalam tahun mendatang, KEEN menargetkan dapat menghasilkan daya listrik sekitar 265 Megawatt. “Kami yakin kebutuhan listrik terus meningkat, namun dengan adanya dampak negatif dari energi berbahan fosil, maka EBT menjadi pilihan yang prospektif. Dan membuka peluang besar bagi KEEN,” tambah Giat yang ikut hadir sebagai pembicara dalam
Unboxing Emiten.

Seperti kita ketahui bersama, memang Bahan bakar fosil merupakan salah satu bahan yang mengandung hidrokarbon asal biologis. Dan energi fosil yang dihasilkan memiliki segudang dampak negatif bagi kelestarian lingkungan. Sebut saja polusi, efek gas rumah kaca, hujan asam, hingga pemanasan global. Selain merusak lingkungan, hasil pembakaran energi fosil juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Menurut Wilson di negara-negara maju sudah mengembangkan dan memanfaatkan EBT, termasuk Jepang yang sudah lebih dulu untuk kawasan di Asia. Jepang banyak membutuhkan listrik dan banyak membangun pembangkit EBT. Karena alasan itu pula, di awal tahun ini, salah satu perusahaan energi Jepang, Tepco (Tokyo Electric Power Compeny) berani membeli dan menguasai 25 persen saham KEEN.

Dengan potensi dan peluang bisnis KEEN yang sangat potensial, ditambah masuknya saham asing yang membawa alih teknologi, berdampak pada kinerja keuangan perseroan. Pada awal semester I-2022, pendapatan perseroan meningkat menjadi sebesar US$ 20,36 juta, naik 11,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 18,2 juta. Melonjaknya pendapatan ini, menjadikan laba perseroan bertumbuh sebesar 72,8% menjadi US$ 8,87 juta dibandingkan periode yang sama tahun 2021 sebesar US$ 5,13 juta.

Akhmad Nurcahyadi, moderator Unboxing Emiten yang juga analis saham menilai prospek emiten ini cukup menjanjikan bagi investor. Apalagi tambah Achmad, perseroan pada awal bulan ini, telah menandatangani letter of intent dengan pemerintahan Filipina yang akan melakukan kerjasama membangun pembangkit EBT di Filipina.

Ketua Pelaksana CSA Award, Haryajid Ramelan

Jangan lupa untuk menyaksikan PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) di youtube channel csa_awards.

Untuk informasi dapat hubungi: Melissa (0812-8714-1597),

=================================================================================

Unboxing Emiten adalah salah satu bagian dari rangkaian kegiatan CSA Awards 2022 dalam memperingati hari pasar modal dan bulan literasi keuangan pada Oktober mendatang. Kegiatan ini digagas oleh Asosiasi Analis Efek Indonesia dan CSA Community dan berlangsug sejak Juni hingga Desember 2022. Unboxing Emiten akan menghadirkan sekitar 20-30 emiten yang akan menyampaikan perkembangan dan prospek bisnis perseron kepada seluruh stakeholder pasar modal, terutama kepada investor pemula. Jangan lupa untuk cek jadwal unboxing emiten disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed